Pengalaman Mahasiswa Program Cruise Tristar Samator

MENIKMATI  SENSASI DILAYANI
SEBAGAI TAMU ISTIMEWA
PADA  JAMUAN MAKAN  RESMI
Selain merasakan atmosfer dan kerasnya tekanan di hot kitchen  saat mengolah menu lunch buffet, mahasiswa juga menikmati sensasi dilayani sebagai tamu istimewa dalam jamuan makan resmi  ala table manner.

Pengalaman tersebut dirasakan oleh 17 mahasiswa kelas pagi program Cruise Tristar Samator dalam kunjungan industri  di hotel bintang tiga, Great Diponegoro Surabaya,  Selasa (3/3/2020) lalu. 
Selama 5 jam, mahasiswa menimba ilmu dan pengalaman baru dibimbing  praktisi perhotelan yang sudah berpengalaman. Mereka dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama menyiapkan  sajian lunch buffet (appetizer, soup, main course dan dessert).  
Kelompok kedua, bertugas sebagai waiter dan waitress.  Melaksanakan table set-up, melayani tamu sejak memasuki restoran hingga prosesi jamuan selesai.  Setelah itu, melaksanakan table clear up.
“Kelompok pertama ikut saya dan Pak Ivan (Giovanni Putra, chef de partie) ke kitchen.  Sementara kelompok kedua ikut Pak Bram (Bramanda Atmaja, F&B Supervisor) untuk tour hotel dan belajar  tentang food & Beverage Service. Nanti  kalian akan bertukar peran sehingga sama-sama merasakan pengalaman sebagai chef dan pramu saji,” kata Ridho Wahid Saputro, Sous Chef Great Diponegoro Hotel.
Sensasi dilayani sebagai tamu dalam jamuan resmi sesuai etika makan yang berlaku secara internasional (table manner), tentu meninggalkan kesan tersendiri. Pelayanan prima mulai dirasakan sejak memasuki Zhang Restaurant Great Diponegoro Hotel di lantai 2. 
Para Waiter dan waitress menyambut dan menyapa tamu  dengan ramah. Kemudian menggeser kursi dan mepersilahkan duduk. Lalu dengan sikap ramah minta ijin untuk memasang napkin di atas paha tamu. Setelah itu, prosesi jamuan diawali  dengan penyajian appetizer, kemudian soup, main cours dan ditutup dessert.
“Apa yang kalian rasakan  hari ini, pasti akan kalian  alami  ketika memasuki dunia kerja. Bahkan tekanannya lebih keras, lebih disiplin  dan  bekerja tepat waktu.  Ini pengalaman berharga untuk bekal kalian setelah lulus nanti,”  kata R. Paulus, dosen Tristar Grup yang mendampingi mahasiswa pada  kunjungan tersebut.
Anda tertarik menekuni  bidang kuliner  dan  berkarir di perhotelan? Daftar segera di Tristar Institute Group. Informasi lengkap, klik www.tristaronline.info atau hubungi Graha Tristar  Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya. Telp:  031 8433224-5. WA: 0812 3253 9310. 0812 3375 2227. **bahar

Komentar

Postingan populer dari blog ini