Praktik Individu Culinary Class D

BERHASIL MENGEKSEKUSI RESEP
ROASTED CHICKEN  BUTTERFLIED
& ROASTED CHICKEN WHOLE



Praktik Culinary Class D, Tristar Skysuites Soho – The Samator,    Senin siang (20/1/2020)  lalu, mengeksekusi  resep  Roasted Chicken Whole & Butterflied.  Mahasiswa praktik secara individu.


Chef Yanuar Kadaryanto, dosen kuliner membagi tugas kepada 10 mahasiswa.  Lima orang  memasak ayam panggang utuh (roasted chicken whole) dan lima mahasiswa lainnya memasak  ayam panggang kupu kupu (roasted chicken butterflied).


Teknik dan  bumbu kedua jenis ayam panggang tersebut tidak ada bedanya. Sama-sama dimasak dengan medote roast. Hanya, yang satu ayamnya utuh dan filling dimasukkan ke dalam rongga perut. Sementara yang butterflied, rongga perutnya dibelah sehingga nampak terbuka seperti kupu kupu.

Mahasiswa diberi pengarahan singkat tentang bumbu, teknik  memasak dan tahapan-tahapan  pengolahan. Mahasiswa mengikuti dengan antusias dan mencatat hal-hal yang mereka anggap penting.  Selanjutnya, mereka mengambil bahan-bahan dan mulai mengerjakan tugas masing-masing.


Tidak banyak kesulitan yang dialami oleh mahasiswa dalam mengerjakan tugas.  Semua lancar. Chef Yanuar hanya sesekali mengingatkan anak didiknya untuk bekerja efektif dan  menjaga kebersihan.


Setelah ayam selesai dibumbui, lalu dimasukkan ke dalam oven  selama 45 menit dengan suhu panas 190oC.  “Kalau setelah 45 menit  ternyata masih kurang matang, ya bisa ditambah 5 atau 10 menit lagi,” jelas Chef Yanuar.

Hasil eksekusi mahasiswa cukup bagus. Bumbu meresap dengan sempurna dan tingkat kematangan juga oke.  “Cuma ada beberapa yang bermasalah pada bumbu sausnya. Ada yang terlalu kental, ada juga yang terlalu asin,” jelasnya setelah mereview karya para mahasiswa. /bahar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas Pastry Bikin Roti Manis ala Bakery Shop