Dari Ajang Estafet Cooking Competition di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM) - Persembahkan Sup Laksa Ikan Asap, Duet Naufal Naldi dan Budi Dharmawan Sukses Raih Juara III

Dari Ajang Estafet Cooking Competition di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM)

Persembahkan Sup Laksa Ikan Asap, Duet Naufal Naldi dan Budi Dharmawan Sukses Raih Juara III
 
MAHASISWA Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang Semester II, Naufal Naldi yang berduet bareng Budi Dharmawan, sukses meraih Juara III pada ajang Estafet Cooking Competition 2019, yang dihelat di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM), Sabtu (13/04/2019). Dalam lomba tersebut, Naufal dan Budi mempersembahkan hasil kreasi masakannya yang bertajuk Sup Laksa Ikan Asap.
Estafet Cooking Competition ini merupakan salah satu lomba masak bergengsi yang dihelat Universitas Negeri Malang (UM), untuk mengapresiasi anak-anak muda generasi millennial yang ingin menyalurkan talentanya di bidang culinary
Lomba masak tersebut diikuti sembilan tim. Mereka berasal dari kalangan pelajar SMK, mahassiwa culinary class hingga chef-chef muda yang baru merintis karier di hotel khususnya di kawasan Malang dan sekitarnya serta beberapa besar di Jatim termasuk Surabaya.
Arek Malang kelahiran April 1999 ini antusias mengikuti Estafet Cooking Competition 2019 bersama Budi Dharmawan, soul mate-nya semasa sekolah di SMKN 3 Malang. Event tersebut terasa istimewa dan punya tantangan tersendiri karena setiap tim diuji membuat aneka olahan sup berbasis susu segar.
Lomba masak yang digelar pada Sabtu (13/04/2019) itu, Naufal dan Budi prepare bahan sejak H-1 acara, sehingga pada hari H lomba ini tinggal menyiapkan baha-bahan masakan tersebut di meja untuk setiap peserta lomba.
Tema masakan yang diangkat Naufal dan Budi adalah Sup Laksa Ikan Asap. Bumbu dasarnya meliputi Bawang Merah, Bawang Putih, Ketumbar, Cabe Merah, Lengkuas, Kencur, Jahe, Daun Sereh, Daun Jeruk dan Jeruk Limau. Sedangkan bahan utamanya terdiri dari Susu Segar (UKD), Ikan Pari dan Ikan Tuna (Condiment).
Oleh pihak Panitia, durasi masak waktunya dibatasi hanya 1,5 jam, dengan rincian 15 menit pertama prepare bahan masakan, 60 menit untuk proses memasak hingga mem-plarting hasil masakan dan 15 menit terakhir untuk membersihkan meja.
Mengingat sifat lomba masak ini adalah estafet, maka pada 30 menit pertama pasangan Naufal Naldi, yakni Budi Dharmawan, tampil duluan untuk memproses bahan Sup Laksa dan Ikan Asap (Condiment).
”Sedangkan pada 30 menit kedua, saya kebagian tugas untuk finishing-nya, yakni mecicipi hasil masakan rekan saya kemudian mem-plating-nya agar tampilannya cantik dan menarik, teksturnya empuk dan rasanya pun enak,” terang Naufal kepada kru www.culinarynews.info di Kitchen Pastry Graha Tristar, Selasa (16/04/2019) sore.
Kalau melihat antusiasme peserta Estafet Cooking Competition 2019, semua peserta berusaha keras untuk tampil all out, demi menghasilkan sebuah kreasi makanan yang terbaik di hadapan tim juri, Chef Pamungkas, dkk dari Indonesian Chef Association (ICA) Malang. 
”Terus terang, kami tidak menyangka jika kreasi masakan yang diusung pada gelaran Estafet Cooking Competition 2019 berhasil meraih Juara III. Atas prestasi ini kami semakin termotivasi untuk terus belajar dan berkreasi mengembangkan the art of culinary yang menjadi passion kami,” kata anak pertama dari dua bersaudara yang tinggal di Perumahan Araya Blok 01-27, Blimbing, Malang tersebut.
Ihwal keberhasilannya menyabet Juara III (sertifikat + trophy + uang pembinaan) di ajang Estafet Cooking Competition 2019, yang dihelat di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM) itu, telah disampaikan kepada Chef Laurentia Vivi, Dosen Pengajar Pastry Akpar Majapahit dan diapresiasi oleh 19 rekannya yang sama-sama belajar di Pastry Class Akpar Majapahit.
Selamat dan sukses. Good Bless You….! (ahn)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tristar Group Ekspansi ke Tulungagung, Buka Program Studi Hospitality (Hotel Operations) dan Sekolah Kapal Pesiar