Mahasiswa Perhotelan Dibekali Pengetahuan Basic Housekeeping Knowledge


Dari Praktik Housekeeping di Lobi Graha Tristar

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester II Dikenalkan Cara Kerja Mesin Pemoles Lantai

SETELAH dibekali teori seputar Basic Housekeeping Knowledge di kelas oleh Dosen Pengajar Housekeeping (Tata Graha) M. Yusuf Bashori, tujuh mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester II, dikenalkan cara kerja mesin pemoles lantai untuk membersihkan public area seperti lobi gedung (hotel) berikut cara me-maintenance perlengkapannya.
Tujuan membersihkan public area itu selain demi kepentingan tamu yang menginap di hotel dan juga untuk staf operasional hotel itu sendiri. Jika lingkungan hotel bersih dan asri, tamu betah berlama-lama menginap di hotel tersebut. Demikian juga bagi karyawan hotel jika tempatnya bekerja –locker karyawan, uniform room, tempat parkir, toilet, smoking area, musholla-- lingkungannya bersih dan nyaman, diharapkan mereka semakin produktif. 
”Demi memudahkan pekerjaan di lapangan, Housekeeping Department juga menyusun Cleaning Schedule, baik pekerjaan harian, mingguan, bulanan, triwulan, semester hingga tahunan (annually),” kata M. Yusuf Bashori, Dosen Pengajar Housekeeping di hadapan mahasiswa Akpar Majapahit, Senin (25/03/2019) pagi.
Untuk membersihkan lantai marmer di area front office dengan air bersih (wet cleaning treatment), dilakukan setiap hari. Namun jika menggunakan teknik dry cleaning treatment memakai cleaning chemical agent, maka pekerjaan memoles lantai marmer itu cukup dilakukan seminggu sekali supaya lantai marmer tetap mengkilap.
Perlengkapan untuk membersihkan public area hotel dibedakan dua, yakni manual cleaning equipment (seperti sikat, sapu, micro fiber, spoon, glove dan lain-lain), dan yang kedua adalah mechanical cleaning equipment (misalnya vacuum cleaner, polishing, blower, extractor machine, water pressure dan yang lainnya). 
Penggunaan peralatan seperti vacuum cleaner, polishing, blower, extractor machine yang juga ditunjukkan Dosen Pengajar kepada mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester II saat demo membersihkan lantai di Lobi Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (25/03/2019) pagi. Praktik langsung dengan menggunakan mesin pemoles lantai merupakan pertemuan kali keempat antara Dosen Pengajar M. Yusuf Bashori bersama anak didiknya.
Selain itu ketika belajar di kelas (selama tiga kali tatap muka), mahasiswa baru Akpar Majapahit juga dikenalkan cleaning chemical agent untuk perhotelan, seperti MPC (seperti sabun deterjen), glass cleaner (untuk membersihkan kaca dari noda), toilet whole cleaner (untuk bersih-bersih toilet), cream cleaner (sabun cair) dan sebagainya.
Sebelum menggunakan bahan-bahan tersebut, sebaiknya Anda mengenali lebih dulu sifat-sifat cleaning agent untuk hotel. Bahan kimia pembersih yang bersifat basa (pH di atas 7) seperti MPC, sabun deterjen, sabun cair, sabun colek. Cleaning agent jenis ini cocok untuk membersihkan kotoran yang mengandung minyak atau lemak.
Sedangkan cleaning agent yang bersifat asam, biasanya mengandung HCl, pH-nya di bawah 7. Di pasaran bisa ditemukan produk pembersih yang bersifat asam seperti Porstex, Wixall, soda api. ”Bahan pembersih jenis ini baunya menyengat, mengeluarkan uap asap dan gatal di permukaan kulit tangan jika pemakainya tidak memakai sarung tangan dari karet,” ujar Yusuf, sapaan akrabnya. 
Untuk itu, Anda mesti membaca Lembar Data Keselamatan Bahan (LDKB) dan memperhatikan dulu cara penggunaannya agar tidak bermasalah nantinya. Di dalam LDKB itu juga dicontohkan bagaimana penanganan darurat jika terjadi kesalahan fatal saat memakai bahan-bahan cleaning chemical agent tersebut.
Secara keseluruhan, pembelajaran Basic Housekeeping Knowledge kepada mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester II masih menyisakan empat kali tatap muka lagi sebelum Ujian Akhir Semester (UAS). Dengan demikian, mahasiswa masih punya cukup waktu untuk belajar lebih mendalam tentang Housekeeping Practice di industri perhotelan.
”Selain itu pada pertemuan kali terakhir nanti ada agenda kunjungan industri ke hotel berbintang, kami serahkan keinginan itu kepada Kaprodi Perhotelan R. Paulus W. Soetrisno. Mudah-mudahan agenda kunjungan ke hotel untuk praktik housekeeping di industri bisa terealisasi,” pungkasnya.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tristar Group Ekspansi ke Tulungagung, Buka Program Studi Hospitality (Hotel Operations) dan Sekolah Kapal Pesiar